BERITA
  • 30 Juni 2020
  • 0 Komentar
  • 194 Kali Dilihat
HARGANAS KE-27 DI KABUPATEN PRINGSEWU

Tim Pelayanan KB UPT PKM SukoharjoPRINGSEWU - Tanggal 29 Juni 2020, Indonesia memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun. Adanya peringatan ini, bertujuan untuk mengingatkan lagi akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan membangun bangsa dan negara.

Kementerian Kesehatan RI melalui program Promosi Kesehatan mengungkapkan bahwa untuk memperkuat basis eksistensial sebagai manusia, selama 15 tahun lebih Pemerintah melalui BKKBN dengan lebih 15.000 Penyuluh dan Petugas Lapangan KB serta didukung lebih 1.000.000 kader di seluruh desa/kelurahan menjadi TEMAN AKRAB keluarga Indonesia untuk “menghidupkan” keluarga menuju Keluarga Berkualitas yang ditandai dengan berjalannya 8 (delapan) fungsi yang menunjukkan adanya ROH dan KEHIDUPAN dalam keluarga.

Kedelapan FUNGSI tersebut adalah : (1) Fungsi Keagamaan (Orangtua menjadi panutan baik dalam ibadah maupun perilaku), (2) Fungsi Sosial Budaya (Membangun tradisi santun bertutur kata, bersikap dan bertindak), (3) Fungsi Cinta Kasih (Membangun suasana kasih sayang agar cinta kasih bersemi dalam keluarga), (4).Fungsi Perlindungan (Menumbuhkan rasa aman, nyaman dan kehangatan), (5) Fungsi Reproduksi (Kematangan seksual dan mental serta pemahaman usia pernikahan dan perlunya mengatur jumlah anak, konsep 1000 Hari Pertama Kehidupan dan jarak kelahiran), (6) Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan (Orangtua mendorong agar anaknya bersosialisasi dengan lingkungan. Orangtua menjadi Guru dan Teladan serta mendorong anak mengenyam Pendidikan), (7) Fungsi Ekonomi (Orangtua bertanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sekaligus menekankan kearifan berhemat dan menabung), (8) Fungsi Pembinaan Lingkungan (Menjaga dan memelihara lingkungan, keharmonisan keluarga dan lingkungan sekitar).

Puskesmas se-kabupaten Pringsewu melaksanakan kegiatan pemeriksaan KB Massal dalam rangka mendukung peringatan Hari Keluarga Nasional ke 27 Tahun 2020. Semoga keluarga di Indonesia tetap sehat selalu dan menerapkan pola hidup sehat sehingga dapat mencegah berbagai penyakit.

SELAMAT HARI KELUARGA INDONESIA KE-27 TAHUN 2020

editorTim Pelayanan KB UPT PKM Banyumas