BERITA
  • 27 Oktober 2020
  • 0 Komentar
  • 99 Kali Dilihat
KEGIATAN TIM MEDIS PETUGAS PSC 119 SIGER

Pringsewu - 27 Oktober 2020

Layanan 119 merupakan program pemerintah. Peluncuran 119 sejalan dengan agenda ke lima Nawa Cita yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, sehingga dalam perjalanannya Kementerian Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Pembentukan Sistem Penanggulangan Gawat arurat Terpadu(SPGDT) menjadi salah satu upaya yang dilakukan. Layanan 119 merupakan kolaborasinasional antara pemerintah Pusat denganPemerintah Daerah, dimana terjadi integrasilayanan antara Pusat Komando Nasional atau National Command Center (NCC) yang berada di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, dengan Public Safety Center (PSC) yang berada di tiap Kabupaten/Kota.

 

Pelaksanaan Public Safety Center 119  Kabupaten Pringsewu berdasarkan instruksi Presiden No.4 Tahun 2013, dimana seluruh kabupaten /kota di Indonesia harus membentuk PSC. Secara bertahap, layanan ini akan terus dikembangkan sampai semua daerah otonom (kab/kota) memiliki PSC sebagaimana fungsi PSC sebagai  pusat koordinasi layanan kegawatdaruratan di suatu daerah. PSC berjejaring dengan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat dengan lokasi kejadian untuk mobilisasi ataupun merujuk pasien guna mendapatkan penanganan gawat darurat (tergantung kondisi pasien). PSC 119 dapat dilaksanakan secara bersama - sama dengan unit teknis lainnya di luar bidang kesehatan seperti kepolisian dan pemadam kebakaran BPBD Pringsewu tergantung kekhususan dan kebutuhan daerah.

 

Pelayanan medik yang diberikan oleh PSC 119 Kabupaten Pringsewu nantinya antara lain: panduan tindakan awal melalui  algoritma gawat darurat, mengirim bantuan petugas dan ambulan, serta mengirim pasien ke fasilitas layanan kesehatan terdekat. NCC yang akan menggabungkan dan mengkoordinasikan PSC - PSC yang ada di daerah karena semua panggilan 119 akan masuk ke NCC. Untuk daerah yang sudah memiliki PSC panggilan akan dijawab langsung melalui PSC di daerah tersebut, sedangkan bagi daerah yang belum memiliki PSC, sementara waktu akan coba dibantu melalui operator  yang ada di NCC. Namun, untuk saat ini pelayanan PSC 119 masih memntau kegiatan on the road.

Pada hari Sabtu, (24/10/2020) dilaksanakan kegiatan pemantauan Adventure Trail ke-5 Kabupaten Pringsewu. Pemantauan antara lain cek temperatur, dan melakukan protokol kesehatan COVID-19. Melalui pelayanan PCS 119 diharapkan dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat khususnya di Kapupaten Pringsewu.

editor

 Referensi

 Musyarofa, Siti; Muliawati, Ratna; Mushidah. 2019. Gambaran Pelayanan Kesehatan Public Safety Center 119. Kendal-Jawa Tengah.