BERITA
  • 13 Agustus 2020
  • 0 Komentar
  • 142 Kali Dilihat
PEKON DI WILAYAH KERJA PKM ADILUWIH SIAGA SEHAT JIWA



PRINGSEWU-- Masalah Kesehatan Jiwa merupakan fenomena gunung es, melihat dari perkembangan jaman saat ini, dimungkinkan jumlah penderita gangguan jiwa akan meningkat dan jenisnya semakin beragam.

Menurut Data Laporan Kesehatan Jiwa Puskesmas Adiluwih sampai dengan bulan Maret tahun 2020 terdapat 31 kasus yang telah ditatalaksana sesuai standar, maka dari itu, UPT Puskesmas Rawat Inap Adiluwih melaksanakan Kegiatan "PEKON SIAGA SEHAT JIWA/NAGA SEJIWA". Terdapat 8 pekon siaga sehat jiwa yang dibina UPT Puskesmas Rawat Inap Adiluwih.

Pekon (Desa) Siaga merupakan Pekon yang penduduknya memiliki kesiapan Sumber Daya, Kemampuan dan Kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan Kesehatan secara Mandiri. Sedangkan, Pekon Siaga Sehat Jiwa (NAGA SEJIWA) merupakan model Layanan Program Kesehatan Jiwa berbasis Masyarakat yang dibentuk dari Pengembangan Pekon (Desa) Siaga.

Program "Naga Sejiwa" dilakukan oleh tenaga kesehatan bersama aparat pekon untuk mengevaluasi keteraturan berobat ODGJ dan dukungan kepada keluarga ODGJ. Program ini bertujuan membawa suatu komunitas (Masyarakat) agar dapat bersama-sama peduli dan aktif melakukan Upaya sehingga Terwujudnya Derajat Kesehatan Jiwa yang berkualitas di tengah-tengah Masyarakat.

#nagasejiwaOKE
#Jiwasehatpekonsejahtera

#UPT-Puskesmas-Adiluwih

Editor : Mujimin, S. Kep. ;Berliana S., SKM., M.Epid