BERITA
  • 28 Mei 2020
  • 0 Komentar
  • 396 Kali Dilihat
PEMANTAUAN RUMAH SINGGAH OLEH BUPATI PRINGSEWU

Pemantauan Rumah Singgah oleh Bupati

Pringsewu _ Penyebaran virus corona masih menjadi momok di tengah masyarakat. Penyebaran ini masih tergolong dalam pandemi global sebagaimana yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia atau WHO. Kasus penyebaran di Indonesia cenderung meningkat setiap harinya. Kabupaten Pringsewu, laporan hari Selasa tanggal 26 Mei 2020 jumlah orang tanpa gejala sebesar 109 orang dengan kasus terkonfirmasi   positif nihil. Kondisi ini diharapkan dapat terus terjaga melalui partisipasi aktif masyarakat dengan tetap menjalankan SOP sesuai anjuran pemerintah.

Pada hari Rabu (27/05/2020) pemantauan rumah singgah oleh Bupati Pringsewu didampingi oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Pringsewu. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan kondisi darurat jika ditemukan adanya pasien dalam pemantauan (PDP) atau orang yang terdampak positif virus corona. 

Penyebaran virus corona masih meluas di ratusan negara di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah menetapkan penyebaran virus corona jenis baru penyebab Covid-19 sebagai pandemi global. Di Indonesia, pemerintah melakukan penanganan menyeluruh menyusul ditemukannya kasus positif terinfeksi virus corona pada awal Maret lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seperti Apa Perawatan yang Diberikan bagi Pasien Positif Covid-19 di Indonesia?", https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/13/145709765/seperti-apa-perawatan-yang-diberikan-bagi-pasien-positif-covid-19-di.
Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Pemantauan dilakukan mulai dari ruang pemeriksaan atau bilik swab sampai dengan ruang perawatan rawat inap. Kesiapan rumah singgah sudah mencapai 90% jika dilihat dari kelengkapan alat-alat kesehatan dan kebutuhan sanitasi dasarnya, sedangnkan petugas kesehatan sedang dalam proses perekrutan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu. Selain pemantauan, bapak Bupati Pringsewu juga menguji bilik swab yang disediakan pada rumah singgah tersebut. Melalui tersedianya fasilitas  rumah singgah di kabupaten Pringsewu diharapkan kasus COVID-19 dapat tertangani secara komprehensif.  Partisipasi masyarakat juga turut andil dalam memutus mata  rantai penularan COVID-19 sehingga Kabupaten Pringsewu dapat kembali menjalankan aktivitasnya seperti sedia kala.

Salam Sehat.

 editor